PANDUAN

Panduan Pembelajaran Aktif

  1. LATAR BELAKANG



Setiap perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu lulusannya agar memiliki kompetensi yang mampu berkompetisi dan berpartisipasi dalam pembangunan. Upaya peningkatan kompetensi civitas akademika terutama dosen sebagai ujung tombak dalam pembelajaran harus selalu ditingkatkan baik dari sisi pedagogic, professional, social dan kepribadian. Dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Mengacu kepada UU No. 14 tahun 2005 pasal 1 butir 2 dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan yang professional. Oleh karena itu, salah satu upaya yang perlu dilakukan terus menerus oleh perguruan tinggi adalah melaksanakan pelatihan pembelajaran aktif (active learning) bagi dosen Universitas Lampung.
Pembelajaran aktif lebih menekankan pada pendekatan pembelajaran dengan esensi mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran, yang dilaksanakan dengan strategi pembelajaran berbasis mahasiswa (student-centered learning). Pelatihan pembelajaran aktif menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat.
Sejalan dengan diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi, maka upaya peningkatan kualitas dosen melalui pelatihan pembelajaran aktif sangatlah relevan baik secara filosofis, metodologis, maupun praktis implementatif. Pelatihan pembelajaran aktif membekali para dosen dalam memilih metode dan model yang relevan dalam pencapaian tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan pebelajar, visi misi program studi, market signal, dan kemajuan zaman di era teknologi  informasi.

  1. DASAR KEGIATAN



  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Keputusan Rektor Unila Nomor 58A/H26/2008 tentang Rencana Jangka Panjang Universitas Lampung
  4. Keputusan Rektor Unila Nomor, 114/H26/PR/2008 tentang Rencana Strategis Universitas Lampung
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.




  1. TUJUAN PEMETAAN




Mendapatkan data secara kuantitaf dan kwalitatif pembelajaran aktif di Universitas Lampung

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh lobaaaato. Diberdayakan oleh Blogger.